Type



2011/10/04

TKJ XIIB - Istilah Jaringan

4. Apa yang dimaksud dengan:
a. NAP (Network Access Point)
b. IXP (Internat Exchange Point)
c. POP (Point of Presence)
d. Internet Backbone

a. Sebuah Network Access Point (NAP) adalah fasilitas pertukaran jaringan publik di mana Internet Service Provider (ISP) yang terhubung dengan satu sama lain dalam pengaturan mengintip. Para NAP adalah komponen kunci dalam transisi dari era NSFNET ketika banyak jaringan lalu lintas yang disponsori adalah pemerintah dan komersial dilarang ke penyedia Internet komersial hari ini. Mereka sering menunjuk kemacetan internet yang cukup.

b. Sebuah titik pertukaran Internet (IX atau IXP) merupakan infrastruktur fisik melalui mana penyedia layanan Internet (ISP) pertukaran lalu lintas Internet antara jaringan mereka (sistem otonomi). IXPs mengurangi porsi lalu lintas suatu ISP yang harus dikirimkan melalui penyedia hulu mereka transit, sehingga mengurangi biaya per-bit pengiriman rata-rata dari layanan mereka. Selanjutnya, peningkatan jumlah jalur belajar melalui IXP routing yang membaik efisiensi dan kesalahan-toleransi.

c. Point of Presence (PoP) adalah semacam stasiun relay atau repeater untuk memperluas jangkauan suatu ISP, dengan menambah titik akses di daerah tertentu. sebagi contoh: di daerah X terdapat satu stasiun titik akses untuk melayani semua pelanggan. karena permintaan pelanggan baru terus bermunculan, kemudian ISP tersebut berencana membangun satu lagi titik akses di lokasi lain. Titik akses ini disebut dengan POP berfungsi untuk meneruskan layanan ISP ke pelanggan yang letaknya lebih jauh, namun masih dengan sistem pencatatan atau administrasi yang terpusat pada titik akses utama ISP tersebut.

d. Internet backbone mengacu pada data yang rute utama antara yang besar, jaringan strategis saling berhubungan dan router inti di Internet. Data rute ini di-host oleh komersial, pemerintah, akademik dan lainnya berkapasitas tinggi pusat jaringan, Internet pertukaran poin dan poin akses jaringan, pertukaran lalu lintas internet yang antara negara-negara, benua dan lautan di seluruh dunia. Lalu Lintas pertukaran antara penyedia layanan Internet (sering Tier 1 jaringan) berpartisipasi dalam lalu lintas Internet backbone pertukaran dengan perjanjian interkoneksi pribadi dinegosiasikan, terutama diatur oleh prinsip penyelesaian bebas mengintip.

No comments:

Post a Comment