Type



2009/01/10

Distro Linux EDUBUNTU!!!!!!!!!

Pada awalnya kemunculan Linux, terdapat tiga jenis Distro. Distro-distro itu adalah RedHat, Debian, dan Slackware. Contoh untuk distro RedHat adalah Mandriva, Susu, Fedora Core. Untuk distro debian terdapat Ubuntu, Edubuntu, dll. Untuk distro Slackware penulis belum tahu tentang sistem operasi tersebut. Mohon maaf.

Ubuntuyang dikhususkan dalam dunia pendidikan ialah Edubuntu. Edubuntu sangat mendukung dalam membantu pengajaran dalam kelas. Di Edubuntu tersebut terdapat aplikasi yang mendukung proses belajar siswa. Edubuntu telah tersedia dalam segala bahasa termasuk bahasa Indonesia. Oleh karena itu bagi yang sudah terbiasa dengan Windows jangan takut mencoba Edubuntu, karena disamping penggunaannya yang tidak berbeda jauh dari sistem operasi Windows dan juga dapat dijalankan tanpa harus menginstallnya terkenal dengan "Live CD"

Bagi yang ingin memiliki sistem operasi Edubuntu pembaca bisa mendapatkannya bisa dengan mengkopi milik teman (kalau penulis sendiri mengkopi milik guru komputernya, dengan ijin tentunya), atau bisa mengunduh di www.edubuntu.org (disarankan untuk yang nge-net lama karena ukuran file imagenya kira-kira 736 MB) bagi yang tidak tahu file image atau file yang berekstensikan iso hanya bisa dipecah atau istilah lainnya dibuka isinya agar bisa melakukan booting dengan sodtware Nero atau bisa menggunakan Alzip (software kompresi file sekelas winzip atau winrar), atau memesannya di https://shipit.ubuntu.org kalau tidak bisa di https://shipit.ubuntu.com (penulis bingung karena belum pernah buka website ini).

Spesifikai untuk menginstall edubuntu sangat ringan:
-Prosesor minimal 500 MHZ (kecepatan proses)
-RAM minimal 256 MB
-Harddisk cukup 2,1 GB (Bagi yang ingin menginstall yang sejenis workstation atau server minimal 5 GB)

Edubuntu dibagi jadi dua yaitu Tipe untuk Workstation atau jaringan, dan tipe normal atau biasa.
Beda tipe, beda cara penginstalan. Contoh penulis mempunyai Edubuntu Gutsy tipe jaringan (asli nggak bohong) cara penginstallannya menggunakan tipe teks. Dalam arti dalam mode ini tidak ada gambar sehingga cukup sulit, disini hanya ada tulisan-tulisan yang dijamin pembaca bosan nunggu instalannya selesai. Untuk tipe kedua, mode ini menampilkan gambar-gambar yang membuat pembaca gak bakal bosan nunggu.
Tapi semua tipe itu masih punya kekurangan, kekurangan tipe pertama: Hanya ada tulisan-tulisan, tidak mendukung pendidikan (namanya aja untuk jaringan), idak mendukung Desktop Effect. Kekurangan tipe kedua adalah : Memberatkankan kartu grafis karena ada gambarnya.

Kelebihan tipe pertama : Cepat karena hanya ada tulisan teks saja sehingga mempercepat penginstalan (kalau masih lambat salahkan CD Drivenya). Kelebihan tipe kedua : Ada menu pendidikan, mendukung Desktop Effect (Untuk Desktop Effect tergantung pada kartu grafisnya).

Kelebihan yang dipunyai kedua tipe itu adalah bisa ganti tema tanpa harus menyentuh file systemnya (dalam arti tidak melakukan pengubahan file yang terdapat didalam file system sehingga tidak akan terjadi kerusakan). Untuk mengunduh file-file tema silakan ke http://www.gnome-look.org.

Untuk menginstall tema :
-Undu dulu (biasanya file dalam bentuk archive atau telah dikompres, yang berekstensikan tar.gz)
-Ekstrak file ke /home/"USERNAME"/.Theme (Folder ini tidak terlihat, untuk melihat folder pergi ke Menu View => pilih Show Hdden Files)
-Setelah selesai, pergi ke System => Pengaturan => Appearance
-Klik Tab Themes => pilih tema yang sesuai atau sesuai dengan nama archive.

Melakukan Mounting file system NTFS di Edubuntu
Mungkin menurut pembaca file system NTFS hanya bisa dibaca oleh sistem operasi Windows, ya memang tidak salah. Namun Linux terus berkembang sehingga bisa melakukan mounting terhadap device penyimpanan yang ber-file systemkan NTFS. Sebelum itu, apakah arti dari Mounting itu? Mungkin pembaca belum pernah mendengar kata ini. Mounting adalh proses pengkaitan suatu device yang bisa berupa file storage.
Cara untuk melakukan mounting pada harddiak yang ber-file systems-kan NTFS biasanya pada beberapa jenis Linux saja. Contohnya Edubuntu Gutsy yang penulis pakai. Linux sejenis Ubuntu yang memiliki fitur yang berguna untuk mengkaitkan Hard Disk yang berfile systemkan NTFS dengan cara yang mudah (harus menggunakan superuser atau root kecuali Flash Disk karena mounting pada Flash Disk biasanya secara otomatis).

No comments:

Post a Comment